Kenapa Harus Menggunakan Platfom Pinjaman Online Yang Terdaftar di OJK

pinjaman online yang terdaftar di OJK

Money Warnabiru.com - Perkembangan teknologi mobile yang semakin pesat juga didukung penggunaan internet yang juga meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah pengguna smartphone dan internet yang setiap tahun semakin meningkat.

Kondisi ini dilirik oleh banyak industri yang melibatkan teknologi mobile seperti pinjaman online atau sering disebut dengan pinjol.

Saat ini ada banyak sekali pilihan pinjaman online yang bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan. Namun, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pinjaman online, yaitu memastikan bahwa kamu menggunakan layanan pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Kenapa harus menggunakan pinjaman online yang terdaftar di OJKKenapa Harus Menggunakan Platfom Pinjaman Online Yang Terdaftar di OJK

Bagi sebagian orang hadirnya pinjaman online memang sangat membantu. Bahkan, metode yang dibutuhkan untuk melakukan pinjaman dianggap cukup mudah dibandingkan harus meminjam uang melalui bank konvensional. Namun, kamu harus ingat bahwa bunga pinjaman yang ditawarkan fintech ini juga cukup tinggi. Bahkan, tenor peminjaman yang ditawarkan dianggap terlalu singkat.

Hal ini yang membuat Otoritas Jasa Keuangan menghimbau bagi masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih layanan pinjaman online. Apalagi saat ini pinjaman ilegal kian menjamur. Pastikan kamu menggunakan pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Baca juga: 15 Aplikasi Pinjaman Tanpa Slip Gaji Dan NPWP Yang Terdaftar di OJK

Ada beberapa alasan penting kenapa menggunakan jasa pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK seperti:

1. Perlindungan data nasabah

Ini merupakan hal penting yang menjadi alasan kenapa kamu harus lebih memilih pinjaman online yang terdaftar di OJK. Kamu harus tahu bahwa sebelum melakukan pinjaman kepada penyelenggara fintech para member atau nasabah harus memberikan data penting.

Biasanya data ini berupa nama lengkap, NIK dan lainnya. Ini dianggap menjadi jaminan penting untuk menentukan verifikasi yang dilakukan oleh fintech. Data itu akan terintegrasi dengan berbagai layanan seperti NPWP, BPJS hingga kontak yang dimiliki. Seluruh data yang kamu miliki akan terlindungi sehingga tidak bisa digunakan oleh pihak lain.

2. Proses verifikasi yang memadai

Tentu saja penyelenggara fintech akan melakukan proses verifikasi sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang diberlakukan. Hal ini biasanya menyangkut seluruh data penting. Misalnya saja kamu harus melakukan verifikasi dengan mengirimkan foto KTP hingga verifikasi wajah melalui kamera.

Proses ini dianggap sangat mudah untuk dilakukan bagi orang-orang yang membutuhkan dana cepat.

3. Perlindungan nasabah dari debt collector

OJK memastikan bahwa seluruh nasabah yang melakukan peminjaman melalui fintech legal dan berijin akan mendapatkan perlindungan nasabah dari penagih kredit. Tentu saja ini akan menjadi keuntungan bagi kamu yang melakukan pinjaman dengan waktu tenggat yang terlewati.

Beberapa fintech legal akan menerapkan metode penagihan sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku. Hal ini membantu kamu terhindar dari pemerasan hingga pemaksaan fisik atau ancaman. Apalagi seluruh data yang kamu berikan kepada penyelenggara juga bersifat rahasia.

4. Terhindar dari penipuan dengan bunga mencekik

Hingga kini ada banyak pinjaman online yang bisa kamu gunakan melalui perangkat smartphone. Namun, tidak semua dari penyelenggara pinjaman online itu memiliki ijin dan legal secara hukum. Kamu harus memilih pinjaman yang masuk dalam pengawasan OJK.

Baca juga: Resiko meminjam di situs pinjaman online ilegal

Hal ini dilakukan agar terhindar dari penipuan dan pemberlakukan bunga pinjaman yang sangat tinggi. Apalagi plafon pinjaman yang biasanya diberikan oleh pihak fintech juga dianggap lebih kecil dibandingkan dengan bank konvensional.

5. Dukungan dari Peraturan OJK

Tentu saja Otoritas Jasa Keuangan juga memiliki peraturan yang berlaku untuk disepakati bersama bagi penyelenggara pinjaman online. Peraturan ini tertuang dalam POJK 77/2016.

Adapun beberapa ketentuan dari peraturan itu melibatkan tata kelola dari sistem TI yang digunakan, perlindungan para pengguna jasa, sanksi yang diberikan bagi para penyelenggara yang melanggar ketentuan dan lainnya.

Adanya peraturan ini akan memberikan perlindungan bagi para penyelenggara dan pengguna jasa pinjaman online.

Berbagai manfaat pinjaman online yang terdaftar di OJK

Tentu saja kamu juga bisa mempertimbangkan berbagai keuntungan dan manfaat dari pinjaman online ini. Apalagi beberapa pinjaman online juga dianggap akan memberikan kemudahan untuk mendapatkan dana segar dalam waktu yang lebih cepat.

Berikut ini ada beberapa manfaat penting dari pinjaman online yang terdaftar di OJK yang patut kamu perhitungkan, yaitu:

1. Proses verifikasi cepat

Kamu tidak perlu khawatir karena salah satu keuntungan dari pinjaman online yang terdaftar di OJK adalah penerapan proses verifikasi yang sangat cepat.

Proses ini diberlakukan dengan metode yang sangat mudah juga. Kamu hanya membutuhkan identitas seperti KTP, verifikasi wajah dan nomor rekening.

Verifikasi yang diterapkan biasanya dilakukan dengan pengiriman KTP elektronik. NIK yang sudah ada di KTP elektronik saat ini sudah terintegrasi secara online.

Bahkan, saat kamu melakukan pinjaman maka data itu akan terhubung dengan Bank Indonesia secara langsung.

2. Persyaratan yang mudah

Seluruh penyelenggara pinjaman online yang terdaftar di OJK juga menawarkan persyaratan yang sangat mudah. Hal ini dimulai dengan proses install aplikasi di smartphone kamu.

Setelah kamu mendapatkan persetujuan maka harus mengisi beberapa data penting melalui formulir yang telah ditentukan.

Persyaratan lain adalah dengan melakukan metode verifikasi wajah melalui identifikasi menggunakan kamera. Cara seperti ini dianggap sangat efisien dan membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama.

3. Pilihan ragam produk

Kamu bisa menikmati berbagai pilihan produk pinjaman. Apalagi beberapa pilihan produk itu memiliki masa pinjaman atau tenor yang berbeda. Tentu saja bunga yang diberlakukan untuk pinjaman itu juga akan disesuaikan dengan tenor. Biasanya semakin besar pinjaman yang akan kamu gunakan maka pemberlakukan tenor juga bisa cukup lama.

Baca juga: 10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Namun, cobalah untuk lebih memilih ragam produk yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kamu dari gagal bayar atau sanksi dari seluruh ketentuan yang telah diberlakukan.

4. Adanya kalkulator kredit

Biasanya beberapa penyelenggara pinjaman online selalu memberikan fitur kalkulator kredit. Fitur ini akan membantu para member atau nasabah untuk menentukan jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Perhitungan yang diberlakukan juga termasuk nominal dari bunga yang harus dibayarkan sesuai dengan waktu pinjaman.

Pastikan bahwa perhitungan itu juga harus disesuaikan dengan kemampuan pembayaran yang anda miliki. Maksimalkan fitur ini untuk memudahkan pemilihan produk dari pinjaman online.

5. Dilindungi oleh peraturan

Kamu tidak perlu khawatir karena jasa penyelenggara pinjaman online ini juga telah dilindungi oleh peraturan yang berlaku. Namun, kamu juga harus ingat bahwa hanya ada beberapa fintech yang sudah masuk dalam kategori legal dan berijin. Hal ini yang akan membuat kamu terhindar dari berbagai masalah pada saat proses peminjaman dana itu.

Pastikan juga bahwa kamu membaca seluruh ketentuan yang diberlakukan oleh penyelenggara pinjaman itu. Cobalah untuk memahami peraturan Otoritas Jasa Keuangan yang dianggap melindungi seluruh nasabah atau para peminjam.

Masing-masing dari penyelenggara pinjaman online yang terdaftar di OJK biasanya memiliki karakter yang berbeda.

Apalagi ketentuan yang diberlakukan bagi setiap nasabah juga berbeda. Kamu harus bisa memanfaatkan seluruh keuntungan dari jasa peminjaman online ini dengan maksimal.