Perbandingan Manfaat Paylater dan Pinjaman Online?

Semisal ketika Anda ingin liburan dan melihat harga tiket promo sementara Anda belum punya cukup dana untuk membelinya, Anda bisa langsung beli tiket promo tersebut dengan bayar pakai ‘paylater’.

Jadi bisa dibilang bahwa fitur paylater memang sangat praktis dan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Semisal jika uang makan atau transportasi Anda habis di akhir bulan dan kebetulan Anda belum gajian, Anda tetap bisa makan dan bayar nanti.

Caranya sama seperti beli tiket promo yang kita sudah ilustrasikan sebelumnya. Anda tinggal klik fitur paylater dan tanpa perlu menunggu lama Anda bisa secara langsung dan otomatis bisa melakukan pemesanan makanan dan transportasi dengan sistem bayar nanti.

Memberikan cicilan yang variatif dan tenor sampai 1 tahun

Aplikasi dengan layanan fitur paylater kini hadir dengan berbagai macam pilihan tenor. Ada yang memberikan tenor pendek yaitu 1 bulan sampai dengan tenor panjang mencapai 1 tahun. Hal ini berarti Anda bisa menentukan atau mengaktifkan fitur paylater sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalkan, jika Anda butuh tenor pendek, maka Anda bisa pilih aplikasi dengan layanan fitur paylater yang memberikan tenor pendek. Sementara jika Anda butuh tenor panjang, Anda bisa mencari alternatif aplikasi dengan fitur paylater yang menyediakan tenor panjang.

Bersama aplikasi dengan fitur paylater, Anda akan temukan banyak promo menarik

Saat ini zaman sudah semakin canggih. Tidak hanya pembelian saja yang ada promonya. Hutang pun ada promonya lho!

Karena itu siapa yang tidak tergiur untuk menggunakan fitur tersebut? Jika Anda juga tergiur dengan promo yang diberikan, Anda bisa mulai mencoba fitur paylater di beberapa aplikasi yang sudah tersedia.

Ada juga promo berupa cashback sampai dengan potongan harga spesial yang biasanya terletak pada penjualan produk yang populer jika memang pembeli mau membayar dengan memanfaatkan fitur paylater yang ada di e-commerce atau aplikasi online pilihannya. Hal ini pun bisa Anda manfaatkan dengan cermat agar Anda semakin mendapatkan banyak keuntungan.

Walaupun punya segudang kelebihan, sama seperti pinjaman online yang punya kekurangan, paylater juga punya kekurangan. Adapun beberapa kekurangan dari program paylater yang dihadirkan, diantaranya :

Pengaturan keuangan Anda jadi berantakan

Kelemahan pertama yang akan Anda rasakan dengan penggunaan paylater dalam kegiatan pembelanjaan Anda adalah mengakibatkan pengeluaran Anda tidak terkontrol. Fitur paylater akan membuat Anda suka berpikir ‘ahh, yang penting sekarang dapat dulu yang aku mau, bayarnya urusan nanti’.

Karena lahirnya pemikiran seperti itu, pada akhirnya pengguna paylater akan suka ‘kalap’ dalam berbelanja hingga merusak pengaturan keuangan pribadinya. Terlebih jika Anda tergolong orang yang tidak kuat menahan godaan diskon atau barang keluaran terbaru, maka bisa jadi fitur paylater ini sangat mengacaukan Anda.