Resiko Tidak Bayar Tagihan Akulaku Tepat Waktu

Untuk nomor telepon resmi Akulaku yang bisa dihubungi yaitu 1500920. Sementara alamat email resmi Akulaku yaitu cs.id@akulaku.com.

Berpengaruh atas kredibilitas kredit customerResiko Tidak Bayar Tagihan Akulaku Tepat Waktu

Tentu Anda sudah tahu bahwa Akulaku merupakan sebuah aplikasi pinjaman yang tergabung dalam asosiasi fintech Indonesia dan telah secara resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK. Karena sudah diawasi oleh OJK, siapa saja yang bermain dan tidak bertanggung jawab baik pihak Akulaku atau pihak client maka akan mendapatkan sanksi.

Satu hal yang Anda harus tahu bahwa menunggak tagihan dalam jangka waktu yang panjang di Akulaku sangat memungkinkan berpengaruh atas riwayat kredit nasabah di Slik OJK. Apa itu Slik OJK?

BACA JUGA: 15 Aplikasi Pinjaman Tanpa Slip Gaji Dan NPWP Yang Terdaftar di OJK

Slik adalah singkatan dari sistem layanan informasi keuangan yang menggantikan layanan dari BI checking. Sistem Slik di OJK ini merupakan suatu sistem yang memungkinkan adanya pertukaran data debitur individu historis yang dulunya dapat diakses melalui SID.

Jika riwayat kredit dari suatu nasabah tergolong buruk di Slik OJK, maka nasabah tentu akan merasa kesulitan untuk mendapatkan rasa percaya di platform pendanaan manapun. Lantas nasabah yang seperti apa yang digolongkan sebagai nasabah dengan reputasi buruk di Slik OJK?

Nasabah yang digolongkan sebagai nasabah dengan reputasi yang buruk di Slik OJK adalah nasabah yang memiliki tagihan dan tagihan tersebut tidak dibayarkan sampai berbulan – bulan. Akan tetapi jika Anda baru saja telat bayar dalam hitungan hari, Anda tak perlu khawatir karena Anda masih belum terdaftar di daftar hitam mereka. Namun upayakan Anda tidak sampai mengalami telat bayar.

Mendapatkan terror dari debt collector Akulaku

Pernah merasakan terror dari seorang debt collector karena telat dalam pembayaran tagihan? Nah, resiko tidak bayar tagihan Akulaku tepat waktu juga berpotensi diteror oleh debt collector Akulaku.

Namun debt collector Akulaku tidak akan serta merta meneror Anda. Mereka akan bergerak hanya jika pengguna atau client tidak membayar tagihan ketika sudah ditelepon untuk reminder pertama. Agar tidak mendapatkan terror, dan agar debt collector Akulaku tidak sampai menelepon dan mengusik orang – orang terdekat yang nomornya mereka Anda cantumkan di pengajuan kredit, pastikan Anda membayar tepat waktu.

Namun jika Anda sudah terlanjur tidak mampu membayar tagihan, ada beberapa opsi yang bisa jadi solusi Anda. Opsi pertama, jangan Anda angkat telepon dari Akulaku, kemudian jernihkan pikiran Anda. Cari peluang alternatif bagaimana caranya Anda bisa membayar tagihan.

Atau Anda bisa menjalankan opsi kedua yaitu angkat telepon dan rekam seluruh pembicaraan Anda. Jika memang penagih berkata kasar atau menekan Anda secara tidak wajar, segeralah Anda melapor ke OJK.

Mendapatkan surat peringatan dari Akulaku

Jika client telat membayar tagihan lebih dari 14 hari kerja, biasanya Akulaku akan mengirimkan surat ke alamat email yang terdaftar di aplikasi. Surat yang dikirimkan tersebut isinya adalah pemberitahuan untuk segera melakukan pelunasan atas tagihan di aplikasi disertai pembayaran bunganya.

Bagi Anda yang memiliki tagihan Akulaku, usahakan agar Anda membayarnya tepat waktu. Jangan ditunda.

Lantas, jika kemudian tiba di waktu tagihan harus bayar sementara belum ada dana untuk membayar tagihan Akulaku tersebut, apa yang bisa dilakukan?

Yang bisa Anda lakukan adalah melakukan negosiasi penghapusan bunga ke pihak Akulaku dengan bantuan collector Akulaku. Ada banyak pengguna Akulaku yang mengaku didatangi oleh collector Akulaku setelah mereka telat membayar tagihan selama 6 bulan berturut – turut.

Collector Akulaku sendiri rata – rata terlihat cukup ramah dalam menagih hutang, berbeda dengan orang yang menagih melalui sambungan telepon. Mereka juga seringkali membantu nasabah untuk melakukan negosiasi penghapusan bunga ke pihak Akulaku sehingga nasabah biasanya hanya diwajibkan untuk membayar pokok tagihannya saja.

Pada tahapan ini, collector biasanya akan meminta kepada Anda untuk mengangsur tagihan sesuai dengan kemampuan Anda sebagai nasabah. Ini menjadi salah satu solusi yang bisa meringankan beban nasabah yang terlilit tagihan namun tak sanggup membayar.

Namun jika Anda merasa tak sanggup membayar tagihan, agar tidak timbul masalah di kemudian hari lebih baik hindarkan diri Anda dari masalah kredit. Terlebih jika Anda mengambil sejumlah dana untuk kredit barang yang tidak terlalu penting.

Cara Refund Dana di AkulakuResiko Tidak Bayar Tagihan Akulaku Tepat Waktu

Sudah membeli produk dan mengajukan suatu kredit di Akulaku namun Anda merasa tidak mampu membayar tagihannya sementara Anda sudah terlanjur mengajukan pembelian produk tersebut? Jika hal tersebut menjadi salah satu masalah yang terjadi pada diri Anda, baiknya Anda mulai refund.

Mengenai seperti apa cara refund dana di Akulaku, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama buka aplikasi Akulaku di smartphone Anda. Berikut gambar antarmuka aplikasi Akulaku di smartphone.Resiko Tidak Bayar Tagihan Akulaku Tepat Waktu
  • Selanjutnya silahkan Anda pilih menu Bills di aplikasi Akulaku dan lihat limit yang sudah terpotong.
  • Pilih pesananku.
  • Akan muncul tampilan menunggu hasil pembayaran. Kemudian silahkan Anda klik saja dikolom produk yang ingin dibatalkan.
  • Setelah itu masukkan ke rincian pesanan, lakukan scroll sampai ke bagian terbawah dan pilih batalkan pesanan seperti gambar berikut ini.
  • Selanjutnya, konfirmasikan pembatalan order Anda. Jika sudah benar – benar yakin ingin dibatalkan dan ingin refund DP Akulaku yang Anda sudah bayarkan. Kemudian konfirmasi lagi.
  • Setelah selesai, Anda bisa lihat kembali menu Bills. Nantinya limit Anda akan kembali ke semua secara otomatis.

Itulah informasi lengkapnya untuk Anda tentang resiko tidak bayar tagihan Akulaku tepat waktu dan sekaligus cara refund dana di Akulaku. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan inspiratif.

 

 

[gs-fb-comments]
1
2
3