Apa Keuntungan Investasi Emas? Berikut Penjelasannya

Baca juga

Penyebab Pencairan Insentif Prakerja Terlambat

Money Warnabiru.com - Keterlambatan pencairan insentif prakerja telah menimbulkan berbagai polemik dan pertanyaan bagi banyak orang mengenai bagaimana status...

Cara Memulihkan Limit Akulaku Setelah Telat Bayar Tagihan

Money, warnabiru.com - Bagaimana cara memulihkan limit akulaku setelah telat bayar tagihan? ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna...

Telat Bayar Akulaku, Apa Resikonya?

Warnabiru Money - Akulaku adalah layanan keuangan yang menawarkan beragam pinjaman dalam bentuk kredit virtual. Pengguna yang disetujui bisa...
Tim Redaksi
Mengulas berbagai informasi seputar bisnis, finansial dan teknologi.

Money WARNABIRU.com – Investasi Emas adalah salah satu pilihan investasi yang sangat menguntungkan dan cocok dilakukan oleh orang yang tidak ingin mempertaruhkan aset terhadap resiko yang tinggi. Untuk mencoba jenis investasi ini seseorang hanya perlu menyimpan emas baik dalam bentuk perhiasan, emas antam maupun dinar.

Selain itu Anda juga bisa menyimpan emas dalam bentuk tabungan dengan cara membuka rekening di bank syariah ataupun bank konvensional yang menyediakan pembukaan rekening emas. Anda juga bisa menabung emas di penggadaian dan bukalapak.

Lalu apa keuntungan investasi emas? Berikut nilai keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Emas Mudah Didapat

Keuntungan investasi Emas yang pertama adalah karena logam mulia ini sangatlah mudah didapat. Anda bisa membeli di gerai emas atau toko perhiasan yang paling dekat dengan lokasi Anda tinggal maupun di tempat khusus yang menjual emas antam.

Di zaman modern ini kita pun Bisa membelinya secara online melaui bukalapak, tokopedia, lazada, shopee dan marketplace lainnya. Kemudahan tersebut yang menjadikan emas menjadi pilihan investasi bagi orang yang setiap hari sibuk dengan pekerjaan dan tidak punya waktu untuk mengurus hal-hal yabg merepotkan.

2. Emas Mudah dijual

Selain mudah didapat emas juga mudah dijual. Berbeda dengan jenis investasi properti yang membutuhkan kesabaran dan strategi khusus untuk menjual, emas yang Anda beli dapat dijual kapanpun dan dimanapun anda berada dengan harga jual yang sama.

Hal ini tentu sangat membantu saat kita mengalami situasi yang mengharuskan kita mencari dana cepat dan mendesak. Pada kondisi ini Anda akan merasakan manfaat dan kemudahan dari investasi emas.

3. Kenaikan Harga stabil

Emas juga memiliki harga yang stabil dengan kenaikan yang signifikan setiap tahun. Dari data yang diambil 10 tahun terakhir harga emas naik drastis hingga mampu memberi keuntungan 47% persen dari modal awal.

Dari situ kita bisa menilai bahwa logam mulia merupakan pilihan yang cukup bagus untuk investasi jangka panjang.

4. Tahan Terhadap Inflasi

Inflasi adalah perubahan nilai mata uang yang disebabkan naiknya harga barang sehingga mengikis nilai dasar dari suatu mata uang.

Nah taukah Anda bahwa dengan mendepositkan uang ternyata lama lama uang Anda tidak akan bernilai karena terkikis inflasi? Untuk mengatasi masalah ini solusi paling rendah resiko adalah berinvestasi emas.

Emas diyakini dapat bertahan menghadapi inflasi dan telah teruji selama berpuluh -puluh tahun lamanya. Hal ini disebabkan jika terjadi peningkatan mata uang maka harga emas pun akan ikut berubah sesuai kondisi dan keadaan zaman.

5. Emas mudah digadaikan

Saat membutuhkan dana cepat, Anda pasti ribet jika ingin memasukan aset berupa surat berharga seperti sertifikat, obligasi dan lain-lain. Namun hal itu berbeda dengab emas.

Cukup membawa emas ke penggadaian Anda bisa menggadaikannya dengan uang yang hampir mendekati harga emas dan bunga yang jauh lebih ringan dari menjaminkan barang di bank konvensional.

6. Bisa dijaminkan kapan saja

Anda juga bisa lho menjaminkan emas di bank. Nilainya juga tak kalah menjaminkan BPKB dan sertifikat tanah. Jika biasanya pencairan pinjaman dengan BPKB dan sertifikat dihargai sekitar 50% harga tertaksir, emas Anda memiliki nilai taksi yang tinggi mencapai 80%.

Namun sebaiknya hindari cara ini dan pilih di penggadaian saja sebab menjaminkan emas di bank konvensional bunganya jauh lebih tinggi dari penggadaian.

7. Investasi emas tidak membutuhkan perlakuan khusus

Jika Anda harus ingat untuk selalu bayar pajak tanah dan bangunan saat berinvestasi properti, atau sibuk menyempatkan diri untuk memonitor kenaikan saham jika berinvestasi di reksadana, memiliki investasi emas tidaklah butuh perlakuan khusus yang merepotkan.

Inilah alasan kenapa banyak orang memilih investasi emas. Selain menghemat anggaran Anda juga tidak direpotkan dengan berbagai hal yang ribet.

Nah, mau pilih mana antara investasi emas atau yang lain? Tentukan sesuai kebutuhan Anda.

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Penyebab Pencairan Insentif Prakerja Terlambat

Money Warnabiru.com - Keterlambatan pencairan insentif prakerja telah menimbulkan berbagai polemik dan pertanyaan bagi banyak orang mengenai bagaimana status...

Cara Memulihkan Limit Akulaku Setelah Telat Bayar Tagihan

Money, warnabiru.com - Bagaimana cara memulihkan limit akulaku setelah telat bayar tagihan? ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna yang kehilangan limit akibat tagihan...

Telat Bayar Akulaku, Apa Resikonya?

Warnabiru Money - Akulaku adalah layanan keuangan yang menawarkan beragam pinjaman dalam bentuk kredit virtual. Pengguna yang disetujui bisa menggunakan limit kredit untuk belanja...

Punya BPJS, Masih Perlukah Asuransi ? Ini Penjelasannya

Seberapa perlukah asuransi? Apakah masih membutuhkannya jika sudah punya BPJS? Simak berbagai keuntungan mengikuti asuransi di sini.Dalam hidup, selalu ada fase seseorang sakit, mengalami...

Pemerintah akan Menyalurkan Bantuan Sosial Tunai Senilai Rp 500 ribu Mulai September

Money WARNABIRU.com - Pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial tunai senilai Rp 500 ribu.Bansos tunai Rp 500 ribu itu akan diberikan kepada 9 juta keluarga...

Artikel Terkait