Pemeliharaan Sistem Akulaku, KTA Kilat Dan Dana Cicil Tidak Bisa Dipakai

Warnabiru.com - Beberapa hari ini pengguna Akulaku dibikin kecewa oleh progam KTA kilat yang tiba-tiba tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa pengguna juga mengeluh karena fitur unggulan Akulaku lainnya seperti kredit belanja hingga fitur paylater juga tidak bisa dipakai lagi.

Saat dihubungi oleh tim warnabiru, pihak akulaku mengkonfirmasi bahwa saat ini memang sedang ada peninjauan kredit skor serta pembatasan layanan terkait isu covid-19 yang sedang mewabah. Namun mereka memastikan tidak akan ada masalah dengan layanan belanja ataupun proses bayar tagihan yang sedang berjalan Akulaku.

Hingga hari ini (minggu, 12/04/2020) proses pemeliharaan sistem Akulaku masih belum rampung. Pengguna yang ingin mengajukan pinjaman kilat akan mendapati pesan bahwa sedang ada "Upgrade dan Pemeliharaan Sistem di KTA kilat Asetku" tanpa tau kapan proses ini akan berakhir.

KTA Asetku Sedang Menjalani Pemeliharaan System

Terkait keluhan pengguna akulaku seputar berhentinya fitur KTA kilat, Pemelihaan sistem KTA bukan dari pihak Akulaku namun Asetku, dan ini adalah kebijakan dari Asetku yang kini bermitra dengan akulaku.

Seperti diketahui, saat ini asetku sedang melakukan upgrade layanan mereka hingga waktu yang tidak ditentukan. Jika maintenance (pemeliharaan sistem) ini bertujuan untuk mencegah gagal bayar terkait isu covid-19, proses ini mungkin memakan waktu yang lama mengingat laju pandemi virus corona masih terus meningkat.

Baca juga: Apa Penyebab KTA Kilat Akulaku Tidak Bisa Cair? Berikut Penjelasan Dan Solusinya!

Meski fitur KTA asetku telah berhenti beberapa pengguna masih bisa menikmati paylater akulaku atau sering dikenal dengan fitur bayar dengan saldo. Paylater hanya bisa digunakan untuk membeli produk virtual seperti pulsa, paket data, bayar listrik dan lain-lain.

Namun bagi Anda yang biasa menggunakan akulaku untuk keperluan mendadak, Anda bisa mencoba langkah alternatif berikut ini:

Gadai barang berharga

Penggadaian merupakan salah satu Alternatif tercepat saat kita membutuhkan dana mendadak. Penggadaian menerima emas, BPKB dan barang berharga lainnya seperti perangkat electronik seperti smartphone dan lain-lain. Untuk menggadaikan barang berharga di penggadaian Anda cukup mendatangi penggadaian resmi dengan membawa KTP dan barang yang ingin dijaminkan. Setelah menaksir harga barang tersebut petugas akan memberitahu Anda berapa nominal pinjaman yang bisa didapat.

Menjual barang bekas

Tanpa disadari kita sering menyimpan banyak barang yang tidak sebernarnya tidak terlalu dibutuhkan. Saat membutuhkan dana cepat Anda dapat memilah barang bekas yang tidak dipelukan untuk dijual. Anda bisa memanfaatkan toko online seperti tokopedia, bukalapak, OLX dan lain-lain untuk menjual barang tersebut.

Mendaftar kartu prakerja

Bagi pekerja yang saat ini terkena dampak penyebaran covid-19 bisa mengajukan kartu prakerja di www prakerja.go.id dan mengikuti pelatihan secara online. Progam ini diluncurkan untuk meningkatkan kompetensi kerja ditengah masyarakat.

Baca juga: Peserta Kartu Prakerja Terima Uang 3,55 Juta Di Transfer Ke Rekening

Peserta kartu prakerja akan menerima bantuan tunai untuk biaya pelatihan kerja sebesar 3,55 juta yang akan dikirimkan ke rekening secara bertahap.

Pendaftaran gelombang pertama dibuka mulai sabtu malam 11/04/2020 hingga 16/04/2020 dengan target WNI berumur 18 tahun keatas  yang tidak sedang sekolah dan kuliah.