Apa yang Dimaksud Fintech? Berikut Penjelasannya

Baca juga

Penyebab Pencairan Insentif Prakerja Terlambat

Money Warnabiru.com - Keterlambatan pencairan insentif prakerja telah menimbulkan berbagai polemik dan pertanyaan bagi banyak orang mengenai bagaimana status...

Cara Memulihkan Limit Akulaku Setelah Telat Bayar Tagihan

Money, warnabiru.com - Bagaimana cara memulihkan limit akulaku setelah telat bayar tagihan? ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna...

Telat Bayar Akulaku, Apa Resikonya?

Warnabiru Money - Akulaku adalah layanan keuangan yang menawarkan beragam pinjaman dalam bentuk kredit virtual. Pengguna yang disetujui bisa...
Tim Redaksi
Mengulas berbagai informasi seputar bisnis, finansial dan teknologi.

Money WARNABIRU.com Fintech menjadi suatu teknologi keuangan terbaru di Indonesia yang hadir sebagai elemen baru untuk dirasakan masyarakat Indonesia. Lantas, apa yang dimaksud fintech sebenarnya?

Fintech merupakan suatu inovasi teknologi keuangan yang hadir di tengah – tengah masyarakat untuk memudahkan setiap aktivitas masyarakat. Sejak pertama kali dikenalkan di Indonesia, kini fintech sudah menjadi salah satu elemen pembayaran yang sangat dibutuhkan.

Secara sederhana, fintech adalah jenis perusahaan di bidang jasa keuangan yang digabungkan dengan teknologi. Juga bisa diartikan sebagai sebuah segmen di dunia startup yang hadir untuk membantu memaksimalkan penggunaan teknologi dalam mengubah, mempertajam, dan mempercepat berbagai macam aspek pelayanan keuangan.

Melalui fintech, berbagai aktivitas keuangan bisa dilakukan. Anda bisa melakukan berbagai macam pembayaran secara sistematis dan cepat, melakukan transfer dana, mengajukan pinjaman, melakukan pengumpulan dana, sampai dengan pengelolaan aset melalui teknologi digital financial tersebut.

Jenis – Jenis Fintech

Setelah kita memahami dan mengetahui apa yang dimaksud fintech, kita akan mengenal lebih jauh tentang jenis – jenis fintech itu sendiri. Jenis – jenis fintech diantaranya meliputi :

  • Peer to Peer Lending (P2P Lending) dan crowdfunding

P2P Lending dan crowdfunding juga dikatakan sebagai marketplace financial. Platform ini mampu mempertemukan antara pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang memberikan dana sebagai modal atau investasi.

Proses melalui P2P Lending sendiri biasanya praktis karena bisa dilakukan melalui platform online.

  • Manajemen resiko investasi

Dalam jenis ini, Anda bisa melakukan pemantauan atas kondisi keuangan. Anda juga bisa melakukan perencanaan keuangan dengan sangat praktis dan mudah.

Jenis manajemen resiko investasi sendiri biasanya hadir dan Anda bisa mengaksesnya menggunakan smartphone. Yang Anda perlukan hanya memberikan data yang dibutuhkan untuk mengontrol keuangan Anda.

  • Payment, Clearing dan Settlement

Terdapat beberapa startup financial yang seringkali menyediakan payment gateaway atau e-wallet dimana kedua produk tersebut masih masuk ke dalam kategori payment, clearing dan juga settlement.

  • Market aggregator

Jenis fintech yang satu ini mengacu pada suatu portal yang mengumpulkan berbagai macam informasi terkait keuangan dan disuguhkan ke target audiens atau para pengguna. Fintech ini biasanya berisi tentang berbagai macam tips keuangan, informasi, kartu kredit dan manajemen investasi.

Melalui jenis fintech ini, diharapkan pengguna bisa menyerap informasi jauh lebih banyak sebelum benar – benar mengambil keputusan tentang keuangan.

Sebagai inovasi dalam bidang jasa keuangan di Indonesia, fintech memberikan suatu pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat secara luas. Fintech juga memberikan berbagai macam akses atas produk keuangan sehingga transaksi apapun yang dilakukan entah itu kegiatan pembayaran, transfer dana, pengajuan pinjaman, pengumpulan dana, sampai dengan tata pengelolaan aset semuanya bisa efektif dan efisien.

Manfaat Fintech yang Anda Harus Tahu

Apa yang Dimaksud Fintech? Ini Jawabannya

Di era perkembangan teknologi yang sangat semarak dan beragam seperti sekarang ini, kehadiran fintech yang menjadi suatu terobosan teknologi financial terbaru tentu memberikan beragam manfaat. Adapun beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari kehadiran fintech diantaranya :

  • Membantu menyediakan layanan financial

Salah satu manfaat yang sangat dirasakan oleh masyarakat dengan hadirnya fintech atau financial technology adalah layanan financial yang semakin mudah, tidak ribet dan tidak berbelit. Contoh sederhananya, jika dulu ketika Anda akan melakukan transfer uang, maka Anda harus datang ke mesin ATM atau datang ke teller bank.

Bagi Anda yang sibuk, hal tersebut tentu menguras dan menyita waktu. Kemudian hadirnya fintech menjadi jawaban. Sekarang dengan hadirnya fintech, untuk melakukan transfer uang Anda tak perlu susah lagi ke bank. Anda bahkan tidak perlu mengantri karena semuanya bisa dilakukan hanya dengan smartphone dan bisa dilakukan dari rumah Anda.

Tak hanya bisa melakukan transfer sejumlah dana atau uang, hadirnya teknologi fintech di tengah – tengah kita juga sangat memungkinkan bagi Anda untuk menyetorkan berbagai macam tagihan seperti tagihan telepon, listrik, air dan BPJS. Sehingga Anda tak perlu lagi keluar rumah untuk melakukan berbagai macam aktivitas transaksi.

  • Hadirnya fintech mendukung inklusi keuangan

Fintech menjadi sebuah solusi alternatif yang dapat membantu mencapai target inklusi keuangan yang sampai saat ini baru saja mencapai kisaran angka 49%. Sementara pada tahun 2019 ini, Dewan Nasional Keuangan Inklusi memberikan suatu target pencapaian inklusi sebesar 75%.

Seperti yang selama ini kita tahu bahwa hadirnya layanan fintech secara umum berbasis online sehingga Anda bisa memberikan suatu akses yang lebih mudah kapan saja selama Anda tersambung dengan jaringan internet yang mumpuni.

  • Mengurangi jumlah pinjaman berbunga tinggi

Kini, fintech dianggap sebagai jawaban atas berbagai macam permintaan sistem peminjaman uang secara transparan dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Selain itu, jika kita bandingkan dengan sistem pinjam uang atau dana lainnya, fintech memberikan pinjaman dengan bunga yang tidak terlalu tinggi.

Bahkan di Indonesia sampai di dunia saat ini, jumlah investasi dalam bidang fintech semakin lama semakin besar dan semakin tinggi pula. Dengan adanya peluang tersebut, perusahaan startup baru yang bergerak juga dalam bidang fintech bisa mendapatkan sejumlah dana investasi secara mudah dari investor karena kemungkinan tingkat keuntungan yang didapatkan juga relatif tinggi.

  • Membantu UMKM mendapatkan modal usaha dengan bunga yang lebih rendah

Sebelum adanya fintech, pelaku UMKM di Indonesia mengandalkan dana pinjaman yang didapatkan dari bank untuk mendapatkan suatu modal usaha. Seperti yang Anda ketahui, pinjaman bank biasanya memiliki angka bunga yang cukup tinggi.

Selain itu, persyaratan dan prosedurnya juga cukup sulit. Pencairannya pun harus menunggu beberapa hari sampai beberapa minggu. Akan tetapi melalui adanya fintech, semua keluhan tersebut tidak akan dialami lagi oleh UMKM yang mengajukan pinjaman dana.

Akan tetapi sebagai seorang pelaku UMKM, Anda juga perlu memperhatikan berbagai macam tata persyaratan ketika Anda melakukan pengajuan dana di berbagai lembaga crowdfunding, salah satunya adalah besaran dari bunga pinjamannya.

Namun tetap saja Anda harus selektif dalam pemilihan lembaga fintech. Pastikan lembaga fintech pilihan Anda merupakan sebuah lembaga yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal tersebut sangat penting karena suatu lembaga yang tidak diawasi dan belum terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga fintech yang belum sepenuhnya baik dan masih ada sistem yang illegal. Karena itu melakukan crosscheck semuanya menjadi hal yang sangat penting.

Dalam pemberian dana oleh lembaga fintech sendiri, terdapat berbagai macam pola dana yang diberikan. Salah satunya adalah dana yang diberikan dengan konsep P2P Lending (Peer to Peer Lending).

Sistem ini merupakan sebuah sistem pendanaan yang berbasis online platform dan mempertemukan pelaku UMKM yang butuh dana atau modal dengan orang – orang yang bersedia melakukan investasi meminjamkan sejumlah dana mereka.

  • Lembaga fintech dapat meningkatkan perkembangan suatu perusahaan startup

Salah satu ciri dari semakin banyaknya perkembangan perusahaan startup adalah kemunculan berbagai macam lembaga fintech. Sejak adanya fintech, tak sedikit perusahaan baru yang muncul dan memberikan dampak yang ekstra besar terhadap proses transaksi terhadap suatu daerah.

Sebagai contoh, salah satu perusahaan yang memiliki produk financial terbaik adalah Akseleran. Apa itu Akseleran?

Akseleran ini merupakan sebuah platform P2P lending yang memiliki produk untuk mereka yang memiliki keinginan mengembangkan dana yang dimilikinya sekaligus membantu para penggiat UMKM yang membutuhkan pinjaman dana untuk mengembangkan usahanya.

  • Kehadiran fintech dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat

Seperti yang kita sudah bahas diatas, fintech dapat meningkatkan taraf hidup melalui pengembangan dana yang diajukan oleh pihak yang butuh dana. Atau pun fintech hadir meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan berbagai macam cara yang lain.

Salah satu contohnya, ada perusahaan startup yang kemudian membuat suatu inovasi untuk membantu perusahaan kecil yang memiliki suatu usaha dan membantu dalam rangka meningkatkan daya beli konsumen atau pun masyarakat secara luas. Dengan begitu taraf hidup akan mengalami peningkatan.

Lebih dari itu, manfaat fintech yang hadir di tengah – tengah kita memang terbukti memberikan suatu peran yang sangat penting dalam upaya pengentasan kemiskinan yang ada di Indonesia secara khusus dan di kawasan Asia Tenggara.

Layanan Fintech yang Pertumbuhannya Paling Cepat di Indonesia

Jika kita bandingkan dengan negara lain, Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat cocok bagi tempat tumbuh dan berkembangnya produk – produk fintech. Karena itu, banyak berkembang perusahaan startup fintech di Indonesia karena pasar fintech bagi Indonesia memang sangat bagus.

BACA JUGA: 10 Aplikasi Fintech Pinjaman Online Terpopuler

Diantara sekian banyak layanan fintech yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, terdapat beberapa layanan fintech yang pertumbuhannya paling cepat di Indonesia. Layanan fintech tersebut diantaranya :

CekAja

Apa yang Dimaksud Fintech? Ini Jawabannya
Cek aja, salah satu startup fintech dibidang money agregator terpopuler.

Situs yang bernama CekAja ini merupakan suatu situs yang berisi tentang informasi dan perbandingan layanan financial seperti kartu kredit, asuransi dan berbagai bentuk investasi. Selain itu, CekAja juga menyajikan perbandingan paket TV kabel dan internet berlangganan.

Perusahaan startup ini merupakan bagian dari C88. C88 ini merupakan sebuah perusahaan berbasis teknologi di kawasan Malaysia yang juga bergerak dalam bidang financial.

Go-Pay

Aplikasi Go-Pay merupakan sebuah aplikasi on demand terbaik yang pernah ada. Aplikasi ini tidak bekerjasama dengan pihak manapun karena Go-Pay berdiri sendiri. Jadi, Go-Pay memilih membuat layanan mereka sendiri.

Kurang lebih sekitar 1 tahun yang lalu, pihak Go-Pay mengubah nama dan bentuk dari layanan pembayaran non tunai mereka sebelumnya yang bernama Go-Jek Credit menjadi Go-Pay. Mereka juga telah mengakuisisi suatu perusahaan yang memiliki lisensi e-money bernama PonselPay demi mendukung kegiatan operasional dari Go-Pay itu sendiri.

Hasilnya, kini mayoritas pengguna Go-Jek telah memanfaatkan layanan pembayaran tersebut untuk melakukan berbagai macam aktivitas transaksi. Go-Pay pun tidak hanya dapat digunakan untuk membayar transaksi didalam aplikasi Go-Jek, melainkan juga sudah menyediakan fitur transfer saldo dan fitur penarikan tunai didalam aplikasinya.

UangTeman

UangTeman menjadi suatu situs yang menghadirkan layanan pinjaman tanpa agunan dengan kisaran angka mulai dari 1 juta rupiah sampai dengan 3 juta rupiah. Maksimal waktu pengembalian sendiri kurang lebih selama 30 hari.

Layanan UangTeman kini hadir melalui berbagai macam platform web serta terdapat juga di aplikasi iOS dan android. UangTeman juga kini sudah hadir di berbagai kota mulai dari Solo, Magelang, Yogyakarta, Klaten, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Semarang dan pastinya di kawasan Jabodetabek.

Akulaku

Apa yang Dimaksud Fintech? Ini Jawabannya
Akulaku, platform kredit dan cicilan terpopuler

Salah satu fintech ini bergerak dalam bidang pembiayaan. Anda para pengguna Akulaku akan ditawari suatu pinjaman dengan bunga rendah dan Anda bisa membeli apapun produk yang Anda butuhkan melalui Akulaku.

Melalui Akulaku sendiri, Anda juga bisa pinjam uang tunai dengan pencairan kilat. Anda bisa dapatkan pinjaman uang tunai sampai dengan kisaran 2 juta rupiah dengan jangka waktu pengembalian mencapai 40 hari.

Uang yang dipinjam pun akan dicairkan langsung ke rekening bank Anda hanya dalam kurun waktu 5 menit. Tentunya bersama Akulaku, semuanya bisa jauh lebih mudah.

Jika dibandingkan banyak aplikasi fintech lain yang juga baru hadir di tengah – tengah kita, Akulaku menjadi salah satu aplikasi pembiayaan yang direkomendasikan. Ada beberapa alasan mengapa Akulaku layak menjadi aplikasi pembiayaan yang dipertimbangkan, diantaranya :

  • Tata cara pendaftaran yang sangat mudah

Ketika Anda akan menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan pendaftaran lebih dulu. Jika semua data sudah diverifikasi Anda pun bisa langsung menggunakannya untuk berbelanja berbagai macam barang yang Anda inginkan.

Dengan proses pendaftaran yang mudah dan tidak ribet, hal tersebut membuat masyarakat juga nantinya lebih mudah untuk menggunakan sebuah program belanja tanpa menggunakan kartu kredit secara online.

  • Menikmati cicilan tanpa perlu kartu kredit

Biasanya pembelian barang secara online melalui metode cicilan perlu kartu kredit dalam pengajuan cicilannya. Namun bersama Akulaku, hal tersebut tidak diperlukan. Jadi semuanya jadi lebih simple dan tidak perlu berbelit.

  • Produk dan jasa yang diberikan Akulaku sangat lengkap

Selama ini banyak orang yang beranggapan kalau Akulaku hanya menyediakan produk gadget saja. Ini sebenarnya merupakan sebuah anggapan yang salah. Faktanya, di Akulaku tersedia berbagai macam produk dan jasa yang super lengkap.

Mulai dari produk gadget, produk rumah tangga, furniture, perangkat elektronik, produk fashion pria dan wanita, tiket pesawat, produk bayi, produk perawatan kulit dan kesehatan, semuanya ada di Akulaku.

  • Transaksi ekstra mudah, lebih mudah dari menggunakan uang cash

Melalui Akulaku, transaksi apapun bisa jauh lebih mudah. Anda pun bisa belanja bahkan tanpa perlu memiliki atau membawa uang tunai. Aplikasi Akulaku sendiri dapat diunduh di smartphone Anda. Sekarang Anda bisa langsung download di Google Play Store dan kemudian Anda bisa segera menggunakannya di ponsel Anda.

  • Anda bisa berbelanja di e-commerce lain melalui Akulaku

Jangan salah sangka!

Akulaku bisa Anda gunakan untuk berbagai macam kepentingan. Belanja di e-commerce lain dengan pembayaran melalui Akulaku pun bisa lho dilakukan. Kini terdapat cukup banyak e-commerce lain yang sudah melakukan kerjasama dengan Akulaku.

Bahkan juga ada yang menawarkan voucher belanja senilai 100 ribu jika berbelanja menggunakan Akulaku. Perkembangan Akulaku sendiri di Indonesia bisa dikatakan sangat baik.

Perkembangan Akulaku di Indonesia benar – benar pesat. Dalam kurun waktu selama 2 tahun saja, aplikasi Akulaku sudah didownload oleh masyarakat Indonesia sampai dengan 15 juta user. Dalam data tersebut, 10 juta diantara downloader adalah nasabah Akulaku.

Dengan perkembangan sepesat itu, Akulaku pun pada akhirnya berhasil melakukan transaksi sebanyak 1,5 juta transaksi dan hingga mengeluarkan total pembiayaan lebih dari $150 juta.

Demikian sekilas informasi tentang apa yang dimaksud fintech dan juga program – program fintech terbaik yang bisa dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Semoga ulasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang inspiratif dan bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Penyebab Pencairan Insentif Prakerja Terlambat

Money Warnabiru.com - Keterlambatan pencairan insentif prakerja telah menimbulkan berbagai polemik dan pertanyaan bagi banyak orang mengenai bagaimana status...

Cara Memulihkan Limit Akulaku Setelah Telat Bayar Tagihan

Money, warnabiru.com - Bagaimana cara memulihkan limit akulaku setelah telat bayar tagihan? ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna yang kehilangan limit akibat tagihan...

Telat Bayar Akulaku, Apa Resikonya?

Warnabiru Money - Akulaku adalah layanan keuangan yang menawarkan beragam pinjaman dalam bentuk kredit virtual. Pengguna yang disetujui bisa menggunakan limit kredit untuk belanja...

Punya BPJS, Masih Perlukah Asuransi ? Ini Penjelasannya

Seberapa perlukah asuransi? Apakah masih membutuhkannya jika sudah punya BPJS? Simak berbagai keuntungan mengikuti asuransi di sini.Dalam hidup, selalu ada fase seseorang sakit, mengalami...

Pemerintah akan Menyalurkan Bantuan Sosial Tunai Senilai Rp 500 ribu Mulai September

Money WARNABIRU.com - Pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial tunai senilai Rp 500 ribu.Bansos tunai Rp 500 ribu itu akan diberikan kepada 9 juta keluarga...

Artikel Terkait