Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Offline dan Online

Baca juga

Penyebab Pencairan Insentif Prakerja Terlambat

Money Warnabiru.com - Keterlambatan pencairan insentif prakerja telah menimbulkan berbagai polemik dan pertanyaan bagi banyak orang mengenai bagaimana status...

Cara Memulihkan Limit Akulaku Setelah Telat Bayar Tagihan

Money, warnabiru.com - Bagaimana cara memulihkan limit akulaku setelah telat bayar tagihan? ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna...

Telat Bayar Akulaku, Apa Resikonya?

Warnabiru Money - Akulaku adalah layanan keuangan yang menawarkan beragam pinjaman dalam bentuk kredit virtual. Pengguna yang disetujui bisa...
MOH YUSUF ROHMAN
Menulis hal yang bermanfaat bagi orang lain. Jika Anda menilai tulisan kami beguna? Bagikan agar lebih Orang lain turut merasakannya.

Cara Mendaftar BPJS, WARNABIRU.com – BPJS kesehatan merupakan sebuah program pemerintah yang hadir sebagai layanan asuransi dengan segala jenis pertanggungan untuk warga negara Indonesia.

Sesuai yang tercantum dalam Undang – Undang, BPJS kesehatan merupakan produk asuransi pemerintah yang wajib dimiliki seluruh warga negara Indonesia.

Jadi bagi Anda yang masih belum memiliki BPJS kesehatan, Anda bisa segera mendaftar sekarang juga. Ada beberapa kelas dengan nominal pertanggungan premi yang berbeda – beda pada masing – masing kelasnya.

Lantas, seperti apa prosedur dan sekaligus cara mendaftar BPJS kesehatan? Disini kami akan bagikan ulasan lengkapnya tentang cara mendaftar BPJS kesehatan baik secara offline dan online untuk Anda. Lets check these out!

BACA JUGA: Apa Pentingnya BPJS Sebagai Produk Asuransi Kesehatan Untuk Masyarakat Indonesia?

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Offline dan Online

Sebelum membahas cara mendaftar BPJS kesehatan, Anda harus tahu dulu apa saja syarat mendaftar BPJS kesehatan. Syarat mendaftar BPJS kesehatan secara offline diantaranya :

  • Fotocopy KTP dan KK
  • Menyertakan foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar
  • Iuran bulanan pertama sesuai dengan kelas yang Anda inginkan

Sementara untuk Anda yang ingin mendaftar BPJS secara online karena tidak ribet dan tidak perlu kemana – mana, Anda bisa siapkan beberapa syarat berikut ini :

  • Scan KTP dan KK Anda di HP
  • Scan kartu NPWP di HP
  • Alamat surel
  • Pastikan nomor telepon Anda aktif dan tidak diganti – ganti

Kalau semua syarat diatas sudah Anda siapkan, baru Anda bisa mendaftar. Untuk pendaftaran BPJS secara online, cara mendaftarnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama siapkan persyaratan dan pilih kelas yang sesuai dengan kekuatan financial Anda. Kemudian datangi kantor BPJS kesehatan terdekat di kota Anda.
  • Jika memang memungkinkan, Anda bisa mendaftar secara kolektif dengan cara melakukan koordinasi dengan ketua RT supaya semuanya jauh lebih mudah.
  • Setelahnya, isi formulir pendaftaran dengan cermat dan secara teliti supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam hal pengisian dokumen
  • Jika sampai terjadi kesalahan, tentu pada akhirnya bisa terjadi kesalahan yang fatal dan tentu berdampak pada premi dikemudian hari yang harus dibayarkan atau menimbulkan permasalahan yang lain
  • Kemudian, Anda akan diberi virtual account yang nantinya dapat digunakan sebagai metode pembayaran atau transfer dana klaim ketika sedang dibutuhkan
  • Anda pun dapat melakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk
  • Setelah melakukan transfer, Anda bisa kembali ke kantor BPJS kesehatan dan segera berikan bukti transfernya
  • Setelah semua prosedur diatas selesai, kartu BPJS pun akan segera dicetak dan Anda hanya tinggal menunggu waktu sebentar saja.

Sementara jika Anda ingin diam di rumah dan malas pergi ke kantor BPJS, pendaftaran BPJS secara online bisa Anda lakukan. Cara mendaftar BPJS kesehatan secara online dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Pertama – tama siapkan semua berkasnya terlebih dahulu
  • Selanjutnya buka website www.bpjs-kesehatan.go.id. Anda dapat membuka website tersebut dengan memanfaatkan smartphone atau pun laptop.
  • Isilah data diri dan juga pilihan kelas yang ditawarkan, isi juga alamat lengkap, fasilitas kesehatan dan sebagainya di kolom pengisian formulir.
  • Kemudian pilih biaya iuran atau biaya premi yang sesuai dengan kekuatan financial Anda
  • Selanjutnya, lakukan penyimpanan data dan tunggu sampai notifikasi nomor registrasi dikirim via surel.
  • Setelah itu cetak lembar virtual account jika notifikasinya telah sampai di tangan Anda
  • Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk yaitu bank BRI, BNI serta bank Mandiri.
  • Setelah Anda membayar melalui VA yang telah disediakan, nantinya Anda akan segera mendapatkan bukti pembayarannya.
  • Setelah proses semuanya selesai, kartu BPJS Anda akan segera aktif
  • Kemudian lakukan pengecekan surel untuk mendapatkan surel dari BPJS kesehatan yang berisi tentang E-ID card BPJS yang dapat dicetak sendiri.
  • Anda juga dapat mencetak kartu BPJS kesehatan di cabang BPJS terdekat dengan cara membawa semua data yang telah disiapkan sebelumnya seperti data pengisian formulir, data VA dan juga bukti pembayarannya.

Selain Anda dapat mendaftarkan BPJS kesehatan melalui situs resmi www.bpjs-kesehatan.go.id, Anda juga dapat mendaftarkan BPJS kesehatan secara online melalui mobile app “JK BPJS Kesehatan”.

Langkah – langkah yang Anda harus ikuti untuk mendaftar BPJS melalui mobile app BPJS Kesehatan sebagai berikut :

  • Pertama – tama unduh aplikasi JK BPJS Kesehatan di App Store atau Play Store
  • Kemudian buka aplikasinya
  • Masuk ke menu Pendaftaran Peserta Baru
  • Setujui semua syarat beserta semua ketentuannya
  • Masukkan NIK e-KTP dan nama anggota keluarga akan muncul secara otomatis
  • Kemudian isi data keluarga Anda
  • Bayar iurannya
  • Terakhir, lakukan pencetakan informasi e-ID yang diberikan untuk mendapatkan akses jaminan kesehatan dari BPJS

Jika Anda belum mendapatkan nomor peserta, segeralah hubungi 1500 400 yang merupakan nomor Call Center BPJS Kesehatan. Setelah mendapatkan nomor peserta, Anda hanya perlu kembali masuk ke dalam aplikasi dan lakukan pendaftaran.

Untuk tarifnya sendiri, berbeda – beda sesuai dengan golongan yang Anda ikuti. Untuk peserta BPJS kelas 3 tarifnya sebesar Rp 35.000,00. Peserta BPJS kelas 2 dengan tarif sebesar Rp 100.000,00 dan peserta BPJS kelas 1 dengan tarif mencapai 150 ribu rupiah. Tarif tersebut merupakan tarif terbaru yang dibebankan kepada peserta BPJS kesehatan mulai bulan Juli 2020 mendatang.

BACA JUGA: Peneliti UI: Deksametason Bukan Obat Perawatan Individu Untuk COVID19

Bagaimana? Sudahkah Anda mendaftar BPJS kesehatan? Bagi Anda yang belum memiliki BPJS kesehatan, segera mendaftar ya!

Dibandingkan dengan asuransi kesehatan swasta, BPJS kesehatan memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

Biaya premi yang murah

Jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang lain, BPJS kesehatan menawarkan iuran dengan banderol harga premi yang relatif murah. Namun tenang saja, walau banderol harganya murah namun BPJS kesehatan tetap memberikan pengobatan serta sekaligus pelayanan terbaik yang tidak kalah dengan asuransi pada umumnya.

Memberikan jaminan seumur hidup

Jasa asuransi kesehatan umumnya hanya membatasi jaminan sampai penerima asuransi berumur 100 tahun. Namun, BPJS kesehatan memberikan jaminan asuransi atau jaminan pertanggungan tanpa batasan usia.

Jaminan BPJS kesehatan adalah jaminan yang diberikan seumur hidup dan tanpa batasan umur sehingga jika ada orang dengan usia diatas 100 tahun yang ikut dalam program BPJS kesehatan tetap bisa mengklaim haknya.

Tak ada pengecualian apapun

Jika Anda ikut dalam program asuransi kesehatan swasta, beberapa asuransi kesehatan swasta mengharuskan penggunanya untuk melakukan medical check up dalam rangka mengecek adanya penyakit kronis.

Jika penyakit kronis ditemukan, maka premi yang harus dibayarkan akan berakhir lebih mahal dari seharusnya. Selain itu, juga ada kemungkinan terjadi penolakan atas pengajuan polis atas alasan penyakit kronis.

Nah, berbeda dengan pendaftaran di BPJS kesehatan, siapa pun bisa mendaftar. Anda tidak perlu memberikan keterangan tentang penyakit yang sedang diderita. Selain itu, harga premi pun akan terus sama sesuai dengan jenis kelas yang dipilih apakah kelas 1, 2 atau kelas 3.

Bagaimana? Dengan semua kelebihan tersebut masih ragu untuk mendaftar BPJS kesehatan? Jangan lagi! Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang cara mendaftar BPJS kesehatan baik secara online atau pun offline menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Penyebab Pencairan Insentif Prakerja Terlambat

Money Warnabiru.com - Keterlambatan pencairan insentif prakerja telah menimbulkan berbagai polemik dan pertanyaan bagi banyak orang mengenai bagaimana status...

Cara Memulihkan Limit Akulaku Setelah Telat Bayar Tagihan

Money, warnabiru.com - Bagaimana cara memulihkan limit akulaku setelah telat bayar tagihan? ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna yang kehilangan limit akibat tagihan...

Telat Bayar Akulaku, Apa Resikonya?

Warnabiru Money - Akulaku adalah layanan keuangan yang menawarkan beragam pinjaman dalam bentuk kredit virtual. Pengguna yang disetujui bisa menggunakan limit kredit untuk belanja...

Punya BPJS, Masih Perlukah Asuransi ? Ini Penjelasannya

Seberapa perlukah asuransi? Apakah masih membutuhkannya jika sudah punya BPJS? Simak berbagai keuntungan mengikuti asuransi di sini.Dalam hidup, selalu ada fase seseorang sakit, mengalami...

Pemerintah akan Menyalurkan Bantuan Sosial Tunai Senilai Rp 500 ribu Mulai September

Money WARNABIRU.com - Pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial tunai senilai Rp 500 ribu.Bansos tunai Rp 500 ribu itu akan diberikan kepada 9 juta keluarga...

Artikel Terkait